Video Populer

Obat AIDS berhasil ditemukan, HIV pada binatang hidup bisa hilang total.

www.pexels.com Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan geja...

Makanan yang dapat membantu menyembuhkan stroke,


Apa itu Stroke ? 
Penyakit stroke adalah gangguan fungsi otak akibat aliran darah ke otak mengalami gangguan (berkurang). Akibatnya, nutrisi dan oksigen yang dbutuhkan otak tidak terpenuhi dengan baik. Penyebab stroke ada 2 macam, yaitu adanya sumbatan di pembuluh darah (trombus), dan adanya pembuluh darah yang pecah.

Umumnya stroke diderita oleh orang tua, karena proses penuaan menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menyempit (arteriosclerosis) dan adanya lemak yang menyumbat pembuluh darah (atherosclerosis). Tapi beberapa kasus terakhir menunjukkan peningkatan kasus stroke yang terjadi pada usia remaja dan usia produktif (15-40 tahun). Pada golongan ini, penyebab utama stroke adalah stress, penyalahgunaan narkoba, alkohol, faktor keturunan, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Lalu apa penyebabnya ?
 Pada kasus stroke usia remaja, faktor genetika (keturunan) merupakan penyebab utama terjadinya stroke. Sering ditemui kasus stroke yang disebabkan oleh pembuluh darah yang rapuh dan mudah pecah, atau kelainan sistem darah seperti penyakit hemofilia dan thalassemia yang diturunkan oleh orang tua penderita. Sedangkan jika ada anggota keluarga yang menderita diabetes (penyakit kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), dan penyakit jantung, kemungkinan terkena stroke menjadi lebih besar pada anggota keluarga lainnya.

Baca juga : Tips memilih makanan sehat

Penyebab serangan stroke lainnya adalah makanan dengan kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein) yang sangat tinggi. Koleserol jahat ini banyak terdapat pada junk food, atau makanan cepat saji. Selain itu, penyebab terjadinya serangan stroke lainnya adalah kebiasaan malas berolah raga dan bergerak, banyak minum alkohol, merokok, penggunaan narkotika dan zat adiktif, waktu istirahat yang sangat kurang, serta stress yang berkepanjangan. Pecahnya pembuluh darah juga sering diakibatkan karena penyakit tekanan darah
tinggi.

Gejalanya :  
  • Face (wajah). Wajah akan terlihat menurun pada satu sisi dan tidak mampu tersenyum karena mulut atau mata terkulai.
  • Arms (lengan). Orang dengan gejala stroke tidak mampu mengangkat salah satu lengannya karena terasa lemas atau mati rasa. Tidak hanya lengan, tungkai yang satu sisi dengan lengan tersebut juga mengalami kelemahan.
  • Speech (cara bicara). Ucapan tidak jelas, kacau, atau bahkan tidak mampu berbicara sama sekali meskipun penderita terlihat sadar.

Nah berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu menyembuhkan penyakit stroke.

1. KULIT MANGGIS 
Kulit manggis mengandung anti oksidan yang sangat tinggi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan melancarkan aliran darah.

2. PISANG
Pisang mengandung kalium yang berperan penting untuk menjaga denyut jantung. Selain itu pisang mangandung protasium yang berfungsi untuk mengganti cairan tubuh, Kalium dan protasium dalam buah pisang berfungsi untuk mengatur tekanan darah sehingga cocok untuk penderita stroke.
3.ROTII GANDUM
Roti gandum mengandung serat, karbohidrat, protein,vitamin E, asam folat, dan omega 3. Kandungan omega 3 berfungsi penting dalam tubuh yakni untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga berperan untuk meregenerasi nutrisii sel-sel pada otak.
4. BERAS MERAH
Beras jenis ini mengandung selenium sangat tinggi yang bisa mencegah timbulnya serangan stroke ulang. Selain itu juga beras merah mengandung mangan, serat, dan antioksidan. Mangan berfungsi untuk membantu proses sintesis lemak dalam tubuh dan mengaktifkan sistem syaraf.
5. APEL & PIR
Buah-buahan ini tidak memiliki kalori yang berlebihan sehingga sangat aman untuk penderitan srtoke. kandungan flavonoid dan polifenol dalam apel juga sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung penderita stroke.
6.KACANG-KACANGAN
Kacang almond, kacang pecan, dan kacang kenari. ketiga kacang tersebut mengandung kalsium, magnesium, kalium, dan vitamin E yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah pada jantung dari timbunan plak.
7. TOMAT
Buah satu ini mengandung licopene untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan Licopene yang terkandung dalam buah tomat mampu menahan proses pembekuan yang sangat berbahaya bagi penderita stroke.
8.KURMA
Dalam 100 gram kurma mengandung vitamin A50 IU, tanin 0,09 mg, serta kalium 666 mg. Sementara itu tiamin sangat penting untuk sel=sel saraf dan niasin menjaga fungsi normal saraf.
9. BUAH TIN
Buah  yang satu ini terkenal dalam Alquran. Buah ini juga berbuah tidak kenal musim. Walaupun buah tin sudah dibudidayakan di Indonesia tapi belum terkernal.
10. ANGGUR
Buah anggur memang kaya akan gizi. Bukan hanya daging saja tapi, bijinya juga mengandung endungeoned pycnogenol, zat penguat kolagen yang bisa melenturkan pembuluh darah yang berarti secara tidak langsung mencegah penyakit streoke.

Diatas adalah beberapa makanan yang bisa membantu menyembuhkan stroke. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan kita semua diberikan kesehatan yang maksimal.

No comments:

Post a Comment

Populer