Video Populer

Obat AIDS berhasil ditemukan, HIV pada binatang hidup bisa hilang total.

www.pexels.com Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan geja...

6 Kain Tradisional khas Indonesia yang luar biasa indah.

 Picture by andienaisyah

Para pecinta kain tradisional  pasti sudah banyak yang tahu beberapa kain Tradisional yang Indonesia. Tapi buat kamu yang belum tau, berikut adalah 10 kain Tradisional Indonesia yang luar biasa indah. Cekidot...!



1. SASIRANGAN

Picture by Srikendes

Kain adat suku Banjar Kalimatan Selatan ini cara pembuatannya adalah dengan cara diikat lalu dicelupkan dalam berbagai warna sehingga menghasilkan motif yang beragam guys. Beda dengan jenis Tie Dye,  nampilin desain yang lebih formal dan elegan.


2. ULOS 

Picture by batak network

Kain Ulos ini berasal dari batak guys. Kain ulos ini dibuat dengan menggunakan alat tenun, bukan mesin guys. Dan warna dominan kain ini adalah merah, hitam , dan putih yang dihiasi dengan ragam tenunan benang emas dan perak. Sebagian besar ulos telah punah karena sudah gak diproduksi lagi guys, seperti Ulos Raja, Ulos Ragi Botik, Ulos Gobar, Ulos Sibolang, dan Ulos Saput (yang digunakan sebagai pembungkus jenazah).


3. LURIK
Picture by Srikendes

Kain yang banyak ditemukan di daerah Solo dan Jogja ini, sudah naik kelas lho guys. Lurik yang dulunya dikenal sebagai kain murah, sekarang sudah sering dikombinasikan dengan kemeja, Blouse, Dress, dll. Motif garis solid dan warna yang solid membuat baju biasa jadi terlihat lebih menarik. 


4. SONGKET PALEMBANG  
 
Picture by kelambit

Songket berasal dari istilah "sungkit" yang berasal dari bahasa melayu dan bahasa Indonesia yang artinya "mencungkil" atau "mengait". Songket ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak, dan biasanya dikenakan pada acara acara resmi guys. Benang metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kilau cemerlang.


5. Batik Cirebon
Picture by Srikendes

Cirebon adalah salah satu dari 4 sentra batik di Jawa Barat  yang masih ada hingga sekarang. sentra batik lainnya adalah, Tasikmalaya, Indramayu, dan Garut. Meskipun demikian Cirebon adalah sentra batik tertua yang memberikan pengaruh terhadap ragam pola  batik di sentra sentra industri batik lain di Jawa barat guys. Batik cirebon ini memang terlihat elegan ya guys.


6. SHIBORI
Picture by Instagram abang_gemes_real

Shibori atau lebih lengkapnya Shiborizome adalah istilah Jepang untuk teknik  mewarnai kain dengan cara diikat, dilipat, atau disimpul. Menurut sejarah Shibori sudah dikenal sejak abad ke-8 . Shibori dikenal di dunia barat sebagai tie-dye. Teknik Shibori sendiri ada banyak guys, ada kanoko shibori, miura shibori, kumo shibori, nui shibori, Arashi shibori, dan itajime shibori. 








No comments:

Post a Comment

Populer