Video Populer

Obat AIDS berhasil ditemukan, HIV pada binatang hidup bisa hilang total.

www.pexels.com Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan geja...

Peneliti: Hantu itu hanyalah ilusi karangan otak manusia saja

U-report

Sudah sangat lumrah atau tidak aneh lagi jika para peneliti di dunia tidak percaya akan kehadiran hantu. Sampai saat ini pun mereka masih melakukan penelitian tentang keberadaan hantu. Ada atau tidak..?

Setelah mereka melakukan beberapa penelitian, akhirnya ada pembuktian yang diungkapkan oleh para ilmuwan di Swiss. Dalam pembuktian tersebut para peneliti mengatakan bahwa hantu itu tidak nyata dan hanyalah ilusi yang diciptakan manusia semata.

Dikutip dari Daily Mail (06/11), Profesor Olaf Blanke, yang memimpin tim di Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) menjelaskan bahwa ketika manusia sedang merasa takut dan tertekan, maka ada gangguan pada otak yang justru menciptakan ilusi bayangan, sosok, suara atau lainnya.


Dalam membuktikan ada tidaknya hantu itu, para peneliti menggunakan perangkat robotik yang berfungsi sebagai distraktor sinyal sensorik di otak sukarelawan yang kala itu menyentuhkan ujung jarinya dengan lengan robot dan matanya dalam keadaan tertutup.
Di saat yang bersamaan, ada lengan robot lain yang bertugas untuk memberikan sentuhan pada bagian punggung relawan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 500 milidetik saja setelah proses pertama dilakukan, relawan langsung berhalusinasi dengan memunculkan imajinasi berupa hantu yang mereka karang atau ciptakan dalam otak mereka sendiri.

Dr Giulio Rognini yang juda berasal dari EPFL menyatakan, "Otak manusia dapat merepresentasikan segala hal yang ada di sekitarnya. Dalam kondisi normal, otak manusia juga mampu merakit ilusi dan mempersepsikannya menjadi satu hal yang dia takuti."

Selain itu, selain dalam keadaan tertekan dan ketakutan, ilusi yang dapat melahirkan bayangan berupa hantu tersebut juga dapat muncul ketika manusia sedang dalam kedinginan, kelelahan dan kekurangan oksigen.

 Akan tetapi menurut kebanyakan agama dan kepercayaan di dunia, salah satunya adalah yang dipercayai kebanyakan orang India. Dalam kepercayaan orang India, manusia terdiri dari dua elemen yaitu prakrita atau tubuh dan sukshma atau jivatma atau roh. Ketika meninggal, fisik manusia akan hancur setelah dikuburkan namun roh mereka akan tetap hidup.

Selain itu, apabila hantu itu hanyalah ilusi dan delusi dari otak manusia saja, bagaimana dengan rekaman atau foto-foto hantu yang saat ini banyak beredar, apakah itu hanyalah rekayasa atau benar-benar asli?


 Sumber : merdeka.com


loading...

No comments:

Post a Comment

Populer