Video Populer

Obat AIDS berhasil ditemukan, HIV pada binatang hidup bisa hilang total.

www.pexels.com Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan geja...

NYI CALON ARANG. PEREMPUAN SAKTI ATAU JAHAT? #TOKOHDANSEJARAH


Nyi Calonarang
Nyi Calonarang



Nyi Calonarang digambarkan sebagai sosok yang jelek rupa, jahat, tapi sakti. Gambaran ini melekat di masyarakat, karena begitulah dia dinarasikan dalam sastra klasik maupun dalam pentas-pentas sendratari di jawa dan bali termasuk tari barong. Gambaran seperti itu dapat membentuk dan mempengaruhi citra diri perempuan secara negatif dan bisa berdampak diskriminatif gender dan seksualitas. Narasi Calonarang merupakan salah satu contoh budaya yang bias gender sekaligus bagaimana budaya membentuk cara pikir dan cara pandang yang masyarakat yang melanggengkan patriarki.


Video ini dimaksudkan untuk memberi alternatif cara pandang dan penarasian sosok Nyi Calonarang. Bahwa perempuan cerdas dan sakti tidak harus dilabeli jahat dan menakutkan. Bahwa spektrum perempuan jauh lebih luas dari dikotomi jelek dan cantik, cerdas dan bodoh, feminin dan maskulin, jahat dan baik, dst.

No comments:

Post a Comment

Populer