Video Populer

Obat AIDS berhasil ditemukan, HIV pada binatang hidup bisa hilang total.

www.pexels.com Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan geja...

Vertigo

Picture by medicalnewstoday

Vertigo adalah gejala dengan sensai diri sendiri atau sekeliling terasa berputar putar yang terjadi secara tiba tiba. Ada kondisi vertido ringan atau tidak terlalu terasa dan vertigo berat sehingga dapat mengganggu rutinitas.Bahkan vertigo parah bisa berlangsung selama berhari hari sehingga si penderita tidak bisa melakukan kegiatan secara normal.


PENYEBAB

1. Karena gangguan pada telinga bagian dalam
Sebagian penyakit vertigo terjadi karen penderita secara tiba tiba mengubah posisi kepalanya, Misalnya si penderita bangun tidur atau berdiri dengan cepat. Tetapi vertigo ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa menit. Jenis Vertigo yang satu ini bisa terjadi akibat adanya masalah pada telinga bagian dalam.

2. Penyakit sistem saraf pusat
Gangguan sistem saraf pusat karena gangguan penyakit seperti multiple sclerosis, kerusakan leher, stroke, atau tumor yang dapat menyebabkan vertigo.

3. Migrain
Migrain merupakan salah satu jenis penyakit kepala yang dapat mengganggu penglihatan. Vertigo yang disebabkan oleh migrain dapat berlangsung selama beberapa menit atau bahkan beberapa hari.

4. Peradangan dan Inveksi
Infeksi yang menyerang tubuh seperti pilek, flu atau yang lainnya juga dapat mempengaruhi kinerja telinga bagian dalam yang mengakibatkan terjadinya Vertigo.

5. Gangguan Penglihatan
Mata selain untuk melihat, juga dapat membantu dalam fungsi menjaga keseimbangan tubuh. Makadari itu adanya gangguan pada penglihatan juga dapat memicu terjadinya Vertigo.

6. Penyakit meniere
Penyakit meniere dapat mengakibatkan banyaknya cairan di dalam telinga sehingga mempengaruhi keseimbangan tubuh. Rasa pusing yang ditimbulkan dapat memicu terjadinya vertigo.

7. tumor sudut cerebellar-portine
Tumor ini tumbuh lambat, yang memungkinkan sistem vestibular untuk terus mengakomodasi perubahan yang terjadi. Sehingga pada akhirnya manifestasi klinis yang dihasilkan berupa sensasi sama ketidakseimbangan, bukan Vertigo akut.

8. Mabuk perjalanan
Dalam Perjalanan jarak jauh baik, darat, laut, maupun udara sering juga muncul masalah mabuk. Mabuk tersebut dapat memancing datangnya penyakit Vertigo.

9. Posisi tidur
bantal kepala yang terlalu rendah atau terlalu tinggi juga dapat menyebabkan Vertigo.

10. Faktor lain
Selain faktor faktor penyebab diatas, Vertigo juga bisa ditimbulkan karena perasaan cemas, pengaruh alkohol, terhisap zat kimia, dan berada dalam ruangan yang terlalu tertutup dan panas.


CARA MENGATASI VERTIGO
 Jika anda sedang terserang vertigo, lakukan latihan latihan vestibular seperti membuka dan menutup mata, menggerak gerakkan kepala atau menggerakkan bola mata searah objek yang bergerak..


Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang dunia kesehatan.


No comments:

Post a Comment

Populer